Selasa, 16 Maret 2010

Adat Ngalemang dan Sadekah Bidusun

Perayaan ngalemang merupakan salah satu adat yang masih dilakukan di Desa Petanang. Adat ini merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat yang diberikan selama ini. Setelah perayaan ngalemang diadakan, beberapa minggu kedepannya masyarakat desa mengadakan perayaan sedekah desa yang dalam bahasa belidenya disebut Sadekah Bidusun. Di desa tersebut semua masyarakat merayakannya, sama seperti halnya merayakan hari raya keagaman seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Menariknya adalah perayaan ini bahkan lebih besar dan lebih meriah dibanding dua hari raya tersebut. Hal ini karena selain masyarakat yang merayakannya juga mengundang warga desa-desa tetangga dan sanak saudara serta kerabat handai taulan. Hampir setiap keluarga di dalam desa mengundang keluarganya yang berada di desa tetangga bahkan keluarga jauh yang telah lama tidak berjumpa.

Perayaan ini sangat berarti bagi desa yang merayakannya karena selain perayaannya sendiri, juga sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh keluarga dari tiap-tiap warga desa baik di dalam maupun dari luar desa. Semoga perayaan seperti ini akan terus diadakan walaupun tidak dengan jadwal yang tetap, sehingga komunikasi dan tali silaturahmi akan terus terjalin.

1 komentar:

  1. sudah saatnya melestarikan budaya daerah karena itu merupakan kekayaan negara kita. terima kasih telah mengunjungi blogku. mengenai tabview saya sarankan anda memberi label dulu pada semua postingan. dan tambahkan gadget label di sidebar untuk mengetahui link dari label itu yang nantinya akan dijadikan sebagai link tujuan yang akan dipasang di tab. demikian balasan saya mudah mudahan puas dengan jawaban saya. terima kasih... salam dari tanah Jawa

    BalasHapus